spot_img
BerandaFatwaMUI Sulsel Fatwakan Aliran Taklim Makrifat Mr. TM Sesat dan Menyesatkan

MUI Sulsel Fatwakan Aliran Taklim Makrifat Mr. TM Sesat dan Menyesatkan

MUIMAKASSAR,OR.ID, MAKASSAR – Jika Anda pernah mendengar tentang aliran Taklim Makrifat Mr. TM, ketahuilah ajaran aliran tersebut merupakan aliran sesat dan menyesatkan. Kepada para pengikutnya, diharapkan kembali ke ajaran Islam yang sejalan dengan Al-Quran dan hadist

Fatwa tersebut disampaikan MUI Sulsel dalam konferensi pers yang disiarkan secara live melalui kanal yutube dan facebook, Ahad 11 Februari 2024. Fatwa dibacakan Sekretaris Umum MUI Sulsel, Prof. Dr. KH. Muammar Bakry, Lc, M.Ag.

Konferensi pers dihadiri antara lain Ketua MUI Sulsel Prof Dr. KH. Najamuddin HS, Ketua Komisi Fatwa MUI Sulsel Prof. Dr. KH. M. Rusydi Khalid, MA, Ketua MUI Makassar Syekh Dr. KH. Baharuddin, HS, Sekum MUI Makassar Dr. KH. Maskur Yusuf dan sejumlah pengurus teras MUI Sulsel lainnya.

Ketua MUI Sulsel Prof Dr. KH. Najamuddin HS menjelaskan bahwa sebelum mengeluarkan fatwa tersebut, MUI sudah melakukan pengkajian terhadap ajaran-ajaran yang disampaikan pimpinan aliran Taklim Makrifat yaitu Mr. TM. Ajaran Mr. TM, menurut pengikutnya bernama Zamroni, banyak tersebar melalui kanal youtube.

Di Makassar sendiri, aliran Taklim Makrifat mempunyai afiliasi yang bernama Yayasan Wasilah Naqs Nusantara, populer di kalangan jamaahnya dengan Majelis Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah. Menyusul munculnya keresahan masyarakat tentang ajaran ini, MUI Makassar sempat menginterogasi para pengurus Majelis Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah pada Selasa 6 Februari 2024 untuk .

Sekum MUI Sulsel, Prof. Dr. Muammar Bakry, Lc, M.Ag, saat membacakan Fatwa MUI No. 005 Tahun 2024, menguraikan berbagai ayat Al-Quran dan hadist nabi yang menjadi pijakan keluarnya fatwa tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa MUI Sulsel telah membentuk tim yang melakukan penelitian lapangan.

Tim penelitian lapangan, kata Muammar, menemukan bahwa ajaran Taklim Makrifat Mr. TM disimpulkan menyimpang dari ajaran ajaran Islam. Temuan tim lapangan yakni Taklim Makrifat Mr. TM mengajarkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Keyakinan tentang adanya rasul yang datanag setelah Nabi Muhammad SAW
  2. Keyakinan tentang wujud Allah berupa laki-laki yang dapat dilihat dengan mata
  3. Pandangan tentang mengaji membaca Al-Quran bukan ajaran Islam
  4. Keyakinan bahwa syariat harus ditinggalkan menuju makrifat
  5. Menafsirkan alquran tidak sesuai dengan kaidah tafsir yang benar
  6. Zakat dan sedekat wajib dibayarkan kepada guru Mr. TM
  7. Orang yang melaksanakan salat secara syariat masuk neraka wail
  8. Menyebarkan kebencian dan permusuhan atas nama agama dengan merendahkan para ulama dan pemerintah

Prof Muammar mengatakan, setelah melakukan kajian dan musyawarah, maka MUI Sulsel menfatwakan bahwa ajaran Taklim Makrifat Mr. TM adalah sesat dan menyesatkan karena dapat merusak ajaran Islam sebagai berikut :

  1. Menyalahi rukun Islam, rukun iman dan  konsep ihsan
  2. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir
  3. Menyerupakan Allah dengan laki-laki atau dengan manusia
  4. Mengingkari perintah membaca Al Quran
  5. Mengingkari perintah syariat salat
  6. Menafsirkan Al-Quran tidak sesuai kaidah tafsir yang benar
  7. Menyalahi fiqih dan Undang-undang Zakat
  8. Menyebarkan fitnah dan ujaran kebencian di tengah-tengah masyarakat.

Oeh karena itu, MUI Sulsel meminta para pengikut Taklim Makrifat Mr. TM agar kembali ke ajaran Islam yang sejalan dengan Al-Quran dan hadist.

Kepada Kementerian Hukum dan HAM, MUI merekomendasikan mencabut  izin operasional yang terkait kelompok Taklim Makrifat Mr. TM. Juga kepada pihak berwewenang diminta melakukan proses hukum sesuai aturan yang berlaku dan menutup kanal youtube dan media sosial lainnya yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan Taklim Makrifat Mr. TM dan seluruh jaringannya.

Kementerian Agama sendiri diminta mencabut ijin operasional Taklim Makrifat Mr. TM dan selanjutnya melakukan pembinaan kepada pengikut kelompok tersebut. (*)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama