spot_img
BerandaPeristiwaMUI Makassar: Sinergi 3-U  Kunci Kekuatan Bangsa

MUI Makassar: Sinergi 3-U  Kunci Kekuatan Bangsa

Dua golongan manusia, jika mereka baik, akan baik seluruh manusia, dan jika ia rusak, akan rusak seluruh manusia. Mereka adalah para ulama dan umara”.

MUIMAKASSAR.OR.ID,  MAKASSAR — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar terus bergerak membangun  silaturrahim, baik dengan umara (pemimpin) maupun dengan umat. Sinergi 3-U yaitu Ulama, Umara dan Umat akan sangat menentukan kekuatan bangsa

Salah satu program MUI Kota Makassar yang rutin dilakukan sekali sepekan adalah safari ke masjid-masjid. Program ini mengusung program “Umat Bertanya MUI Menjawab”. Para pengurus MUI Makassar tampak bersilaturrahim di Mesjid Nurul Iman, Jalan Cakalang 5 No.38, Kelurahan Totaka, Makassar, Selasa malam (12/12/2023).

Kunjungan kali ini menampilkan Komisi Pendidikan dan Dakwah MUI Makassar sebagai pemantik diskusi. Ketua Komisi Pendidikan dan Dakwah, Dr. Asmullah S.Ag.M.Th.I, dalam paparan pengantarnta menggaungkan ulama dan politik sebagai tema sentral. Menurutnya,  ulama mesti mengambil peran dalam menyejukkan situasi politik yang menghangat jelang Pilpres 2024.

“Berharap bagaimana para tokoh ulama dan semua berperan aktif untuk mendinginkan suasana politik di tengah masyarakat. Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bangun erat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah,” ujarnya.

Asmullah menguraikan, memasuki tahun politik, potensi terjadinya pembelahan di tengah masyarakat akan semakin meruncing. Dia mencontohkan, salah satu perhatian adalah berbagai perdebatan di masyarakat yang kerap terjadi di dunia maya yang semakin meresahkan.

“Misalnya di medsos banyak sekali perdebatan-perdebatan yang seakan-akan silaturrahim tidak lebih penting ketimbang sebuah pilihan politik praktis yang jangka pendek. Ulama harus menjaga marwah di tahun politik, dan umat pun harus menjaga dirinya. Peran aktif harus ditunjukkan ulama dalam menjaga dan merawat kesatuan umat,”  tandas Asmullah.

Menurutnya, tugas mulia ulama dan umarah untuk menjaga umat sebagaimana telah diterangkan dalam hadist Rasulullah. Diriwayatkan Ibnu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya bahwa “Dua golongan manusia, jika mereka baik, akan baik seluruh manusia. Dan jika ia rusak, akan rusak seluruh manusia. Mereka adalah para ulama dan umara”.

Program “Umat Bertanya MUI Menjawab” tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris MUI Kota Makassar Dr.KH. Masykur Yusuf. M.Ag. Tampak hadir para pengurus harian dan juga pengurus komisi. Hadir pula Ketua MUI Kecamatan Ujung Tanah, H.Mustaming Mulla. S.Pd.M.A sebagai mediator pelaksanaan program tersebut. (*)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama