spot_img
BerandaPeristiwaKolaborasi Kementerian Koperasi, MUI Makassar Gelar Pelatihan Dewan Pengawas Syariah

Kolaborasi Kementerian Koperasi, MUI Makassar Gelar Pelatihan Dewan Pengawas Syariah

MUIMAKASSAR.OR.ID, MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pelatihan penguatan dan peningkatan kapasitas Dewan Pengawas Syariah  (DPS) bidang koperasi. Pelatihan digelar dengan bekerjasama dengan Deputi Bidang Perkoperasian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Pelatihan tersebut diikuti 40 orang, bertempat di Hotel Maxone Makassar, 2 – 5 Nopember 2023. Sebanyak 10 orang peserta rela menanggung biaya secara mandiri, lantaran kuota peserta yang ditanggung panitia hanya 30 orang sudah terpenuhi. Para peserta berasal dari kalangan antara lain, praktisi koperasi, praktisi bisnis, akademisi, dan da’i dari berbagai organisasi se-Sulawesi Selatan.

Selain secara offline, pelatihan akan dilanjutkan secara online. Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan dan peningkatan Dewan Pengawas Syariah bidang Koperasi.  

Sumber pembiayaan kegiatan tersebut berasal dari Deputi Kementerian Koperasi dan UKM yang dimitrakan dengan PT Cemerlang Kreasindo dengan pelaksana teknis Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil, (Pinbuk) Indonesia – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.

Pelatihan dibuka oleh Ketua MUI Kota Makassar yang diwakili Wakil Ketua, Dr. KH. Abdul Muttalib, MA.  Dalam sambutannya, Kyai Muttalib menyatakan MUI sangat mendukung kegiatan tersebut yang terkait dengan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Hal ini seiring dengan visi dan misi MUI dalam memberikan pencerahan dan melayani ummat dari berbagai masalah kehidupan, termasuk masalah ekonomi,” katanya.

Kebutuhan akan tenaga DPS memang sangat tinggi, seiring dengan perkembangan pesat dari keuangan dan bisnis syariah. Secara legalitas setiap lembaga ekonomi dan keuangan syariah termasuk koperasi syariah wajib memiliki  Dewan Pengawas Syariah.

Tugas pokonya, memberikan  pengawasan, pengarahan dan pemberian opini syariah atas kepatuhan atau kesesuaian syariah atas kegiatan usaha lembaga keuangan dan bisnis syariah. (*)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama