spot_img
BerandaPeristiwaSafari ke Kecamatan: Umat Bertanya, MUI Makassar Menjawab

Safari ke Kecamatan: Umat Bertanya, MUI Makassar Menjawab

MUIMAKASSAR.OR.ID, MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar menggebrak dengan melakukan safari ke masjid-masjid yang tersebar di kecamatan di Makassar. Kegiatan ini bertajuk Umat Bertanya, MUI Menjawab.

Pengurus MUI Makassar mengunjungi Masjid Syura di Kecamatan Tallo, Selasa malam 24 Oktober 2023. Ketua MUI Makassar Syekh. AG. Dr. H. Baharuddin HA, MA., memimpin langsung kegiatan safari itu disampingi Sekretaris Dr. KH. Masykur Yusuf, M.Ag. 

Kegiatan berlangsung usai Salat Magrib berjamaah hingga masuknya waktu Isya. Tampak hadir  para pengurus harian lainnya dan juga ketua serta sekretaris komisi. Tak ketinggalan Ketua MUI Kecamatan Tallo, HM Thaha Azis.

Sekretaris MUI Makassar, Dr. KH. Masykur Yusuf, M.Ag., yang memandu acara tersebut mengatakan, safari MUI Makassar tersebut sebagai wujud silaturrahim pengurus dan diharapkan lebih mendekatkan MUI dengan masyarakat. Sebab, selama ini program kerja MUI lebih banyak berlangsung di tempat-tempat pertemuan seperti hotel. 

“Kalau selama ini kebanyakan kegiatan kita seperti diskusi, seminar, kebanyakan dilaksanakan di hotel, sehingga pesertanya terbatas. Kali ini kita turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, untuk mendengarkan problem-problem keagamaan di tengah masyarakat,” kata Masykur. 

Dalam kesempatan itu, Ketua MUI Makassar, Syekh. AG. Dr. H. Baharuddin HS, MA.,menjelaskan peranan penting kehadiran ulama. Ia mengatakan bahwa ulama adalah pewaris para nabi dan pelayan umat. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tak segan bertanya kepada ulama di manapun berada.

“Ulama adalah warotsatul anbiya’ atau pewaris para nabi. Oleh karena itu tugasnya tidaklah ringan yakni menyampaikan kandungan isi al-Quran dan memberikan suri tauladan dalam mengamalkan ajaran al-Qur’an. Ulama berperan sebagai khadimul ummah (pelayan umat) dan shadiqul hukumah (mitra pemerintah), bukan bawahan pemerintah,” katanya.

Siapa ulama? Kata AGH Baharuddin, pada dasarnya ulama adalah semua orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat dan digunakan ilmunya itu untuk takut atau beriman kepada Allah. Hal tersebut sebagaimana dalam Surah Fathir ayat 28:

اِنَّمَا يَخْشَى اللّٰهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمٰۤؤا

“Hanya saja yang takut kepada Allah dari sekian hamba-Nya adalah ulama,”

Safari ke masjid-masjid kecamatan ini akan dilakukan setiap pekan. Tidak hanya diikuti para pengurus inti MUI Kota Makassar, namun juga seluruh komisi-komisi. Sehingga, jika ada pertanyaan masyarakat yang terkait dengan bidang tugas komisi, bisa langsung dijawab. (*)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama