spot_img
BerandaPeristiwaMUI Sulsel : Jual Daun Ubi untuk Pakan Babi Hukumnya Mubah, Ini...

MUI Sulsel : Jual Daun Ubi untuk Pakan Babi Hukumnya Mubah, Ini Penjelasannya

MUIMAKASSAR.OR.ID, Makassar – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan mengeluarkan fatwa hukum menjual daun ubi untuk pakan babi adalah mubah (diperbolehkan). Fatwa tersebut merespon keresahan para petani di daerah minoritas muslim seperti di Tana Toraja, dan Kabupaten Mamasa, yang kesulitan memasarkan daun ubi selain untuk digunakan sebagai pakan babi.

Fatwa dituangkan dalam surat Fatwa bernomor 003 tahun 2023, pertanggal 1 Juni 2023. Dalam pertimbangannya, MUI Sulsel menguraikan bahwa masyarakat minoritas muslim adalah bagian integral yang tidak terpisahkan dari masyarakat muslim secara umum. Sehingga umat Islam yang tinggal di daerah minoritas membutuhkan hukum fiqih khusus yang dapat memberikan solusi dalam kehidupan beragamanya.

Keputusan tersebut dicapai setelah Dewan Pimpinan MUI Sulsel dan Komisi Fatwa menggelar rapat. Rapat dihadiri antara lain, Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Nadjamuddin Abd Safa Lc MA, Sekretaris Umum Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MA, Prof Dr KH Rusdi Khalid MA, Dr H Nasrullah Sapa Lc MA , Dr KH Abdul Wahid Hadade MA, Dr Iqbal Gunawan Lc MA dan Dr KH Rahman Ambo Masse MA.

Prof. Dr. KH. Muammar Bakry, Lc, M.Ag

Sekretaris Umum,  Prof Dr KH Muammar Bakry, menjelaskan , bahwa ketentuan hukum tersebut hanya ditujukann kepada kaum muslimin yang tinggal di daerah minoritas. Dalam situasi mereka tidak memiliki cukup pilihani dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-harinya, maka menjual daun ubi untuk pakan babi diperbolehkan.

“Jika seandainya bisa dihindari untuk tidak menjual tanaman seperti daun ubi kepada peternak babi tersebut, maka itu jauh lebih utama,” tandas Prof. Muammar Bakry kepada wartawan, Selasa, 6 Juni 2023.

MUI juga mengimbau kepada para petani untuk mencari rezeki yang halal dan menghindari transaksi yang meragukan. Setiap muslim agar berusaha senantiasa menghindarkan diri dari hal-hal yang syubhat.(#)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama