spot_img
BerandaPeristiwaMUI Makassar Gaungkan Pentingnya Sertifikasi Halal

MUI Makassar Gaungkan Pentingnya Sertifikasi Halal

MUIMAKASSAR.OR.ID, Makassar – Pemberian sertifikasi halal produk sangat penting sebagai jaminan kualitas  produk  telah sesuai  dengan  ketentuan  syariah. Apalagi, Indonesia berpenduduk 87 persen muslim.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar, Syekh. AG.Dr.H. Baharuddin, HS, MA., saat menyampaikan sambutan dalam diskusi publik sertifikasi halal. Kegiatan tersebut diinisiasi Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Makassar.

“Karena penduduk Indonesia 87 persen adalah muslim sehingga sangat penting tersedianya produk yang tersertifkasi halal. Kalau umat Islam mengkonsumsi yang tidak halal berarti melanggar syariah. Semua produk harus bersertifikat halal,” katanya.

Oleh karena itu, AG.Dr.H.Baharuddin HA meminta pemerintah agar terus mendorong capaian sertifikasi halal produk. Menurutnya, masih banyak produk-produk UMKM  yang belum tersertifikasi halal. “Mungkin masih banyak produk di Makassar yang perlu mengantongi sertifikasi halal,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, SE, M.Si, mewakili Walikota Makassar mengatakan, memiliki  sertifikat  halal  dapat  menjamin kualitas  produk  yang  dijual  sesuai  ketentuan  syariah. Hal tersebut akan meningkatkan  kepercayaan konsumen.

Berbarengan dengan hal itu, katanya, kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk  halal juga semakin  meningkat. “Saya punya pengalaman kunjungan kerja ke Singapura. Di sana itu, kalau tahu yang berbelanja muslim, maka akan menolak memberikan produk-produk yang tidak halal. Misalnya jual makanan, maka tempat cuci piring dibedakan, warna sendoknya dibedakan. Apakah masyarakat kita sudah memiliki kesadaran seperti tiu,” katanya.

Ia menambahkan, terwujudnya ekosistem halal harus juga didukung perilaku masyarakat. Kesadaran bahwa perilaku muslim itu tidak boleh makan dengan tidak halal. “Jadi bukan hanya dengan sertifikasi saja, tetapi perilaku masyarakat,” kata Kamelia.

Pemerintah, ungkapnya, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MUI Makassar yang memberi pencerahan soal sertifikasi halal. Sebab, pengetahuan masyarakat tentang produk mana yang halal memang masih sangat terbatas. (#)

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama