spot_img
BerandaPeristiwaDiskusi Publik MUI Makassar, Jaga Marwah Ulama!

Diskusi Publik MUI Makassar, Jaga Marwah Ulama!

MUIMAKASSAR.OR.ID, Makassar – Tahun 2024 adalah tahun politik, lantaran akan digelar pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legilastatif (Pileg). Menyongsong kontestasi pemilihan umum (pemilu) tersebut, bagaimana seharusnya ulama memainkan perannya?

Inilah dasar pemikiran sehingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar menggelar diskusi publik yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Makassar, Sabtu 3 Juni 2023. Diskusi publik tersebut bertema Menjaga Marwah dan Citra Ulama di Tahun Politik.

Diskusi tersebut   merupakan salah satu program kerja  Komisi Dakwah dan Pendidikan MUI Makassar. Tujuannya, untuk mengingatkan kembali agar ulama tidak terjebak dengan friksi-friksi atau polarisasi yang ada di tahun politik. Peserta diskusi adalah tokoh-tokoh agama dan tokoh pesantren se-Makassar,

Diskusi publik menghadirkan dua tokoh ormas terbesar di Indonesia yaitu Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof. Dr. KH. Ambo Asse, dan Perwakilan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Sulsel, Dr.Abdul Rauf, Lc, MA. Acara tersebut dibuka Walikota Makassar diwakili Kabag Kesra Pemkot Makassar, Moh. Syarief, S.STP, M.Si.

“Pemerintah berharap marwah ulama benar-benar dapat dijaga di tahun politik yang sudah dimulai tahun ini,” kata Syarief.

Sementara itu, Ketua MUI Makassar, Syekh.AG.Dr.H.Baharuddin, HS, menegaskan bahwa agar ulama bisa tetap berperan sebagai khadimul ummah atau pelayan umat. Sehingga, ulama harus melayani seluruh lapisan masyarakat dan tidak terjebak hanya pada kepentingan perorangan golongan tertentu.

“Ulama tidak wajar kalau menjadi juru kampanye salah satu calon. Atau menjadi tim sukses dari suatu calon tertentu,” tandasnya.

Syekh.AG.Dr.H.Baharuddin mengingatkan, agar ulama tidak ikut-ikut memanasi situasi politik. Sebaiknya, ulama harus menjadi penyejuk  dan pengayom umat.

“Kalau ada calon minta didoakan, mari kita didoakan. Doa kita adalah bagaimana negara tetap eksis dan masyarakat damai tenteram,” tandas Syekh.AG.Dr.H.Baharuddin.

LAINNYA

KOTA MAKASSAR

Subuh
Terbit
Dhuha
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya

TERBARU

Open chat
Assalamualaikum,
Silahkan Ajukan Pertanyaan Di Menu Tanya Ulama